mak ning

mak ning

Selasa, 13 Desember 2011

Tips merubah word menjadi PDF

Tugas-tugas kuliah biasanya kan disuruh ngumpulin dalam bentuk pdf kan ?
Apalagi kalau laporan praktikum hampir pasti harus dikumpulkan dalam bentuk pdf kan
Mungkin tips ini sudah agak basi. Jadi yang sudah tahu harap maklum. Soalnya saya membuat tips ini khusus buat teman-teman yang belum tahu. Kalau yang sudah tahu monggo baca-baca artikel saya yang lain dan yang tak kalah menarik :)

Pertama-tama ketik aja tugasnya lewat microsoft word biasa. Ketiiiii...k aja sampai selesai. Kalau sudah jangan lupa di save :P
Kalau sudah di save tinggal meng-convert ke pdf. Nah ini dia masalahnya. Ada yang sudah tahu dan ada yang belum tahu kan. Kalau yang belum tahu silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Ada 2 cara untuk meng-convert word menjadi pdf. Cara pertama mungkin adalah cara yang paling konvensional. Yaitu melalui software. Cari aja softwarenya di mbah google. Ketik "word to pdf converter" pasti langsung muncul banyak software-software yang siap untuk kita download. Nah masalahnya biasanya software-software itu sizenya agak besaran. Kasian kan buat yang koneksi internetnya kayak keong :(

Buat yang internetnya kayak keong saya sarankan mencoba cara yang kedua. Ini adalah cara yang sudah lebih modern. Kita tidak perlu mendownload software-software converter. Lantas bagaimana caranya ? ONLINE. Dengan bantuan internet semua menjadi lebih mudah :)
Ternyata di internet banyak bertebaran situs-situs converter online. Jadi kita hanya perlu mengupload file word kita nanti akan secara otomatis diconvert menjadi pdf oleh situs tersebut.

Salah situs converter online adalah http://www.doc2pdf.net/
Berikut ini adalah tampilan dari situs tersebut



Scroll ke bawah hingga tampilannya seperti ini



Tinggal klik browse untuk mencari file yang akan kita convert
Setelah itu klik "convert document" dan akan muncul window download. Download aja file itu dan taraaaaa....
Ternyata file yang kita download adalah file kita yang telah berubah menjadi pdf :)


Sekian tips dari saya. Semoga membantu

Bingung ? YA NASIBMU !!

1 komentar: