mak ning

mak ning

Minggu, 13 November 2011

Masih Perlukah Latihan Kepemimpinan ??

Jaman sekarang sering kita temui Latihan Dasar Kepemimpinan. Hampir tiap sekolah mewajibkan muridnya untuk mengikuti LDK. Alasannya klasik. Agar para siswanya bisa menjadi seorang pemimpin yang handal. Mungkin dipengaruhi oleh banyaknya pemimpin-pemimpin busuk di negeri ini jadi sekolah ingin siswanya agar tidak menjadi seperti pemimpin-pemimpin busuk itu.

Tak hanya di sekolah, di kampus pun masih sering mewajibkan para MAHAsiswanya untuk mengikuti LDK. Meskipun dengan nama yang berbeda tapi tetap saja intinya melatih kepemimpinan. Yang pasti ketika ingin mendaftar menjadi anggota Badan Eksekutif Mahasiswa pasti ditanyakan apakah pernah mengikuti LDK atau sejenisnya. Kalaupun tidak pernah ikut pasti syarat untuk mendaftar dengan mengikuti LDK tersebut. Diterima atau tidaknya tergantung nilai yang diperoleh ketika mengikuti rangkaian-rangkaian acara LDK

Memang, tidak ada salahnya mengikuti LDK. Mungkin tidak ada sisi negatifnya. Kita dilatih untuk berani berbicara di depan umum, memaparkan pendapat kita, dan melontarkan kritik yang baik dan sopan.

Tetapi ada satu hal yang mengganjal di hati penulis. Pertama kali penulis ikut rapat yang diikuti oleh banyak peserta, penulis kaget. Banyak orang dengan semangatnya berbicara di depan forum. Mereka berbicara panjang lebar. Mereka berbicara seakan-akan merekalah sang pemimpin forum. Memang tidak ada salahnya berbicara di depan forum. Tapi coba pikir, apabila semua peserta seperti itu, berlomba lomba menjadi seorang pemimpin forum. Apakah sebuah forum dapat berjalan dengan baik bila memiliki lebih dari 1 pemimpin forum ? Penulis sangat merasa kasihan kepada pemimpin forum yang sebenarnya. Dia berbicara lebih sedikit daripada pemimpin "jadi-jadian" itu. Sang pemimpin forum hanya bertindak seperti moderator. Ia hanya mengulang perkataan yang diucapkan oleh pemimpin "jadi-jadian" itu.


Apakah hal tersebut termasuk hal negatif dari LDK ? Penulis tidak berani menjudge demikian.

KAPAN DIADAKAN LATIHAN UNTUK MENJADI YANG DIPIMPIN SECARA BAIK ??

1 komentar: